Kim Jong Un Bangun Resor Ski Kelas Dunia

Pyongyang - Korea Utara saat ini sedang membangun sebuah resor ski kelas dunia di Masik bukit di Wonsan. Di tempat tersebut akan dibangun lintasan ski dan hotel, demikian kantor berita Korea Utara Korea Central News Agency (KCNA) melaporkan. Namun oleh seterunya hal itu dianggap hanya pencitraan.

Kim Jong Un Bangun Resor Ski Kelas Dunia
Bukit Masik terletak di Provinsi Kangwon, letaknya sekitar 2.520 kaki (768 meter dari permukaan laut), tempat tersebut biasanya diselimuti salju dari awal November hingga awal Maret.

Serangkaian foto-foto yang dirilis oleh kantor berita Korea Utara minggu ini memperlihatkan Kim Jong Un berbicara dengan stafnya di depan resor ski yang sedang dibangun. Dalam foto tersebut juga disertai laporan tentang kepuasan Kim tentang pembangunan tersebut.

"Dia sangat puas mengetahui bahwa tentara pembangun telah membangun area ski termasuk di dalamnya lapangan ski dengan berbagai kelas yaitu primer, menengah dan lanjutan dengan luas hampir 110.000 meter (68,3 mil) panjang total dan 40-120 meter (131-394 kaki) lebarnya, " kata laporan KCNA. Resor tersebut akan bisa diakses dari Pyongyang-Wonsan menggunakan kendaraan wisata dan akan dilengkapi dengan sebuah hotel, heliport serta kereta kabel.

Kim, yang menghabiskan masa pendidikannya di Swiss, tampaknya menjadi akrab dengan ski. "Dia mengatakan tidak hanya perlu membangun tempat istirahat, tapi juga stasiun pertolongan dan monitor pemantau di setiap titik sehingga dapat mengambil langkah-langkah pencegahan kecelakaan," kata laporan tersebut.

Menurut laporan itu, Kim juga menekankan tentang konservasi lingkungan "Dia menggarisbawahi pelestarian lingkungan ekologi dan dan pencegahan polusi selama pembangunan ares ski itu." Agen tur yang mengkhususkan diri dalam perjalanan Korea Utara mengatakan bahwa resor baru tersebut akan terbuka untuk wisatawan asing.

"Kami sudah tahu tentang rencana pembangunan ini selama beberapa tahun, namun pekerjaan pembangunannya baru dimulai baru-baru," kata Simon Cockerell, manajer umum di Beijing Koryo Tours. Cockerell sendiri baru kembali minggu lalu dari turnya di kota perbatasan Korea Utara Sinuiju. Namun saat ini belum ada tanggal pasti tentang pembukaan resor tersebut.

Menanggapi pembangunan tersebut, media Korea Selatan menyikapinya secara kritis. "kami menemukan fakta bahwa ternyata Korea Utara menghabiskan terlalu banyak uang untuk membangun sebuah resor ski, sementara rakyat dan bahkan militer masih sering kelaparan. Hal ini menunjukkan bahwa langkah tersebut hanyalah upaya untuk memperbaiki citra Kim Jong Un sebagai pemimpin yang peduli kepada rakyatnya," kata seorang pembelot Korea Utara yang tidak menyebutkan namaya di NK news. NK news merupakan sebuah perusahaan media yang berbasis di Korea Selatan yang mengkhususkan diri dalam berita Korea Utara.

Pembelot tersebut juga mengatakan bahwa infrastruktur ski yang ada di Korea Utara kebanyakan justru digunakan untuk tujuan militer. Kemungkinan besar resor yang baru dibangun tersebut juga dibangun untuk tujuan yang sama. sumber

INFO CWEK BISPAK BISA ANDA LIHAT